Tips Memunculkan Ide Menulis Blog

11:36:00 PM
Pernahkah suatu waktu Anda mengalami kebuntuan ide menulis konten untuk blog Anda? Keinginan untuk menulis posting sangat besar, waktu luang tersedia, tapi ide menulis tidak muncul. Padahal di layar monitor Anda, halaman ‘Add New Post’ sudah terbuka dan siap untuk ditulis.
Well, tampaknya semua orang (yang punya blog) pernah mengalaminya. Suatu saat ide menulis begitu mengalir, namun di saat yang lain ide tersebut seperti hilang entah kemana.
Beberapa tips berikut ini bisa membantu Anda mengatasi keadaan hang seperti di atas, yang dapat membantu Anda memancing kembali ide untuk menulis blog, maupun memanfaatkan keadaan tersebut menjadi keuntungan tersendiri.

Buka kembali postingan lama di blog Anda

Dengan membuka dan membaca kembali tulisan lama di blog Anda bisa mendatangkan ide baru untuk menulis. Setidaknya Anda dapat menemukan beberapa hal berikut:
1.
Ketika terdapat artikel tutorial di blog Anda yang sudah outdated dan sudah tidak bisa diaplikasikan lagi, alih-alih memperbaharui (mengedit) artikel tersebut, Anda bisa membuat konten baru dengan topik yang sama. Setelah itu, Anda bisa memberikan keterangan bahwa tulisan tersebut sudah expired dan terdapat tutorial yang lebih up-to-date. Jangan lupa untuk memberikan link ke artikel yang baru.
2.
Memperdalam topik atau poin tertentu pada tulisan lama juga bisa menhadirkan sebuah (atau lebih) ide dan konten baru. Sebagai perumpamaan, Anda pernah menulis Tips Meningkatkan Kinerja Windows 7, dimana terdapat poin-poin seperti: membersihkan broken dan junk file, melakukan defrag pada hardisk secara regular, dan lain sebagainya. Dari konten tersebut, selanjutnya Anda bisa membuat artikel baru seperti Cara Melakukan Defrag Hardisk pada Windows.

Menanggapi komentar pembaca blog

Komentar dan tanggapan dari pembaca bisa menjadi inspirasi untuk konten baru. Ketika ada pembaca yang komentar dengan bertanya bagaimana cara melakukan itu, mengapa Anda tidak menulis artikel cara melakukan itu? Pengunjung/pembaca adalah raja, so kita harus melayani request mereka dengan senang hati, selama itu relevan dengan tema situs Anda.

Kunjungi situs lain dengan tema yang sama

Umumya blogger akan mem-bookmark situs atau blog lain yang memiliki tema yang sama, sehingga mudah untuk berkunjung dan memperdalam pengetahuan. Dari sana, Anda dapat melakukan hal-hal seperti poin pertama di atas. Anda bisa mendapatkan banyak ide menulis baru dari membaca tulisan orang lain. Bisa dengan mempertajam sebuah poin atau menuliskannya dari sudut pandang yang berbeda. Read to write, alias membaca (tulisan orang lain) untuk (kemudian) menulis artikel dengan ide yang baru.

Habiskan waktu di luar aktivitas blogging dan internet

Refreshing. Jika ide menulis tidak kunjung datang mungkin sebaiknya Anda menghentikan dulu aktifitas di dunia maya dan melakukan aktifitas lain in the real world. Tertawa bersama teman atau jalan-jalan di tempat ramai bisa membuat pikiran lebih fresh dan siapa tahu saat Anda pulang, menulis blog menjadi jauh lebih gampang dengan ide yang mengalir deras, dan menghasilkan tulisan yang berkualitas.
Sebagai tambahan, ketika terdapat satu atau lebih ide untuk tulisan di blog Anda, sebaiknya tulis atau buat draftnya di blog Anda, bahkan jika itu hanya berupa judul tulisan, sehingga Anda tidak kehabisan topik untuk tulisan Anda selanjutnya. Tentu saja masih ada tips dan metode lainnya yang digunakan oleh banyak orang sehubungan dengan topik di atas. Bagaimana dengan Anda?
Previous
Next Post »
0 Komentar

Berharap memberi masukan untuk lebih baik lagi

Hosting Unlimited Indonesia