5 Metode untuk Berhenti Merokok

11:34:00 PM
Ingin berhenti merokok? Anda tidak sendiri. Setiap waktu, sepanjang tahun, semakin banyak orang yang memutuskan untuk menghentikan kebiasaan merokok.
Tanpa harus dikatakan lagi, merokok dapat membawa banyak dampak buruk bagi kesehatan. Misalnya saja resiko penyakit jantung, stroke, kanker paru-paru, dan juga kanker mulut. Belum lagi efek buruk lainnya seperti pengeluaran yang membengkak untuk membeli rokok, bau mulut kurang sedap, ketergantungan, dan lain sebagainya.
Singkat kata, berhenti merokok adalah salah satu hal terbaik yang bisa anda lakukan untuk meningkatkan kualitas hidup dan kesehatan –baik untuk jangka pendek maupun untuk jangka panjang.
Berhenti merokok bukanlah hal yang mudah, karena rokok bisa membuat kecanduan atau ketergantungan, akibat zat adiktif bernama nikotin yang terdapat pada tembakau.

5 Cara Berhenti Merokok

Terdapat beberapa metode berbeda untuk menghentikan kebiasaan merokok. Satu atau dua metode lebih cocok bagi beberapa orang dibandingkan metode lainnya. Itu berarti metode yang digunakan tergantung pada individu masing-masing. Berikut adalah 5 metode umum untuk berhenti merokok:
1.
Metode sendiri (cold turkey)
Hampir 90% orang yang ingin berhenti merokok akan mencoba melakukannya sendiri, tanpa bantuan dari luar –tanpa terapi, obat-obatan, atau tanpa support. Walaupun mayoritas orang menggunakan metode ini, tapi cara ini bukanlah yang paling efektif. Hanya sekitar 10% orang yang berhasil berhenti merokok dengan metode sendiri pada percobaan pertamanya, dan selebihnya akan kembali merokok.
2.
Terapi tingkah laku
Terapi ini umumnya berupa mengunjungi ahli terapi profesional untuk menentukan cara terbaik yang cocok untuk anda, dalam usaha untuk berhenti merokok. Terapis akan membantu anda mengindentifikasi faktor-faktor pemicu anda merokok, cara menghadapi keadaan ‘sakau’ atau saat anda sangat ingin merokok, hingga memberikan dukungan emosional dan motivasi saat anda membutuhkannya.
3.
Terapi Nicotine Replacement
Metode ini cukup efektif untuk menghentikan kebiasaan merokok. Terapi nicotine replacement bekerja dengan cara memberikan anda nikotin tanpa menggunakan tembakau. Terapi dilakukan dengan menggunakan permen karet nikotin, inhaler, spray, permen, dan lain-lain. Jika anda berumur di bawah 18 tahun, anda mungkin membutuhkan izin dari dokter sebelum menjalankan terapi ini. Metode ini lebih efektif jika dikombinasikan dengan terapi tingkah laku dan dukungan dari teman serta keluarga.
4.
Obat-obatan
Beberapa obat-obatan bisa digunakan untuk membantu anda berhenti merokok, misalnya Zyban dan Chantix. Konsultasikan dengan dokter untuk mengetahui info dan dosis yang tepat untuk anda gunakan.
5.
Metode kombinasi
Mengkombinasikan beberapa metode untuk berhenti merokok akan meningkatkan peluang keberhasilan program anda. Misalnya saja dengan mengkonsumsi obat-obatan dan terapi nicotin replacement bersamaan, atau terapi tingkah laku dan obat-obatan.
Previous
Next Post »
0 Komentar

Berharap memberi masukan untuk lebih baik lagi

Hosting Unlimited Indonesia